Inovasi Keprakaryaan : Jamur Tiram ala barudak Gabues (XI IPS)

Pendidikan keprakaryaan merupakan salah satu program “khas” yang dimiliki oleh Santi Asromo. Oleh karena itu dalam kurikulum pendidikan di Asromo, seluruh satuan Pendidikan dari mulai RA sampai SMA Prakarya mewajibkan mencantumkan mata pelajaran keprakaryaan dalam kurikulumnya. Program keprakaryaan ini merupakan salah satu pengejawantahan ide “santi asromo” yang dicetuskan oleh KH. Abdul Halim agar supaya para siswa dan santri di Asromo bisa lebih mandiri dalam persiapan menjalani kehidupannya setelah ia lulus nanti.

Hal ini yang agaknya menginspirasi barudak Gabues (sebutan untuk anak-anak kelas XI IPS, tahun 2013-2014) untuk mencoba mempraktekan program keprakaryaannya dengan lebih inovatif. Kenapa inovatif? Karena biasannya program keprakaryaan yang diadakan selama ini hanya terpaku pada bidang-bidang tertentu saja seperti menjahit dan membatik. Kelas XI IPS mencoba berinovasi dengan mengembangkan budidaya jamur tiram putih.

Ya.., program budidaya jamur tiram putih ini dimulai sejak medio Januari kemarin, tepatnya sekitar tanggal 29 Januari 2014, dengan ditemani oleh wali kelasnya yaitu ibu Nani Nur’aeni, S.Pd. rencana pembudidayaan jamur tiram ini dimulai dengan survey dan pembelajaran awal ke salah satu tempat pembudidayaan jamur yang cukup besar di sekitar daerah Rajagaluh, yaitu tepatnya di Saung Suung Yuceu Jawa Barat (Saung suung = rumah jamur). Setelah itu mereka mulai mengerjakan pembudidayaan jamur sendiri yang mengambil lokasi di Santi Asromo.

Alhamdulillah, berkat keuletan dan kekompakan mereka akhirnya budidaya jamur itu berhasil dengan panen yang dilakukan setiap 4-5 hari sekali. Sebagai pembelajaran kewirausahaan mereka mencoba menjual hasil budidaya jamur mereka kepada guru-guru di lingkungan Santi Asromo. Adapun untuk omzetnya dibilang lumayan.”Alhamdulillah hasil dari penjualan jamur dalam 1 hari bisa mencapai Rp. 50.000,- sampai Rp. 80.000,-, kami juga membuat hasil olahan lain dalam bentuk pepes jamur.” Demikian kata Diramega, salah satu siswa kelas XI IPS.

Inovasi yang perlu ditiru ya.., semangat barudak Gabues !!! buat inovasi-inovasi yang lebih baru lagi !!! JJ

(mfbillah + gabues)